Selasa, 17 Desember 2019

Asuransi Kendaraan dari Paket Leasing? Bisa Berubah Seiring Waktu, Cek Lagi Jenis Asuransinya


Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, kendaraan yang dibeli secara kredit biasanya akan memiliki asuransi yang ‘ditempel’ oleh pihak leasing.

Hal tersebut tentu menambah rasa aman si pemilik kendaraan saat membawa kendaraan tersebut, tapi bukan berarti mereka bisa sepenuhnya lepas tangan.

Iwan Pranoto, ujar pejabat sebuah perusahaan asuransi umum, mewanti para pengguna leasing untuk mengecek kembali jenis asuransi yang mereka dapatkan.

Pasalnya, jenis asuransi yang diberikan oleh pihak leasing bisa saja berubah seiring berjalannya waktu.

“Untuk mengejar angsuran murah biasanya jenis asuransinya dikombinasi, tahun pertamanya comprehensive, tahun berikutnya TLO,” ungkap Iwan kepada GridOto.com di bilangan Jakarta Selatan.

Hal tersebut menjadi penting, karena tipe asuransi yang berbeda pasti akan berbeda juga persyaratan untuk mengklaimnya.

“Kalau di tahun pertama mobil saya diserempet bisa mengklaim dan dicover, karena asuransinya comprehensive, “ jelas Iwan.

“Tapi kalau tahun kedua mobil saya diserempet lagi bisa jadi tidak dicover, karena asuransinya sudah berganti menjadi TLO,” imbuhnya.

Mengingat 60-70 persen pelanggan Asuransi Astra berasal dari leasing, Iwan meminta mereka untuk mengetahui jenis asuransi yang diberikan untuk kendaraannya.

Selain untuk menghindari salah paham saat ingin mengklaim asuransi, juga untuk mengetahui apakah mereka dicover oleh asuransi Comprehensive atau TLO.

Iwan juga mengatakan, bahwa pengguna leasing biasanya dapat meningkatkan jangkauan asuransi yang mereka punya dari TLO ke Comprehensive.

Tetapi, ia menyarankan untuk benar-benar memikirkan terlebih dahulu apakah mereka benar-benar memerlukan asuransi Comprehensive.

“Apakah benar-benar perlu Comprehensive? Kalau gak perlu ya TLO pun tidak masalah," himbau Iwan.

“Tapi kalau ingin ditingkatkan coverage-nya, dari TLO ke comprehensive bisa gak? Bisa, tinggal telepon asuransinya,” pungkasnya.

sumber: gridoto

0 komentar:

Posting Komentar