Selasa, 09 Januari 2018

6 Hal Penting Kalau Mau Bikin Asuransi Mobil


Saat akan membuat asuransi mobil, banyak hal penting yang perlu diperhatikan supaya tidak rugi. Dari sekian hal itu, ada enam yang perlu juga jadi perhatian.

Pertama, baca isi PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia) dengan seksama.

PSAKBI ini didapatkan bersamaan dengan polis. Penting bagi kita untuk mengetahui istilah-istilah standar dan bahasa hukum dalam PSAKBI.

Untuk lebih memudahkan pemahanam mengenai maknanya, tanyakan langsung pada petugas atau call center asuransi.

Kedua, baca ikhtisar isi polis mobil Anda, lihat hal-hal apa saja yang dijamin perusahaan asuransi terhadap mobil Anda.

Ketiga, pastikan termasuk ke dalam jenis pertanggungan apa asuransi mobil Anda, apakah Total Loss Only atau Comprehensive. Pilih secara bijak sesuai kebutuhan.

Keempat, perhatikan perluasan apa saja yang dijamin oleh pihak asuransi, apakah kerusuhan dan huru-hara, banjir, tanah longsor, gempa bumi, tanggung jawab hukum pihak ke-3, atau lainnya.

Perluasan jaminan ini bisa Anda tanya dan minta ke petugas asuransi saat membeli polis.

Kelima, dalam hal pengajuan klaim, lengkapi dokumen pendukung seperti laporan kerugian dan kronologi kejadian, fotokopi polis, SIM, dan STNK. Misalnya saja, Anda memakai asuransi Garda Oto. Untuk urusan ini, Anda dapat menghubungi call center  untuk melaporkan kejadian yang dialami.

Keenam, catat nomor telepon penting termasuk nomor telepon provider asuransi Anda. Sebagai contoh, ACA bisa dihubungi melalui Hotline 31999100. Hal ini berguna untuk mendapatkan bantuan cepat dalam kondisi darurat di jalan raya.

sumber: otosia

0 komentar:

Posting Komentar