Kamis, 01 Februari 2018

Pelindo III Rilis Aplikasi Jasa Kepelabuhan



PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) merilis aplikasi layanan kepelabuhan bernama Home Terminal Service untuk memudahkan pengguna jasa. Aplikasi juga menjadi marketplace karena pengguna bisa memilih aneka jasa kepelabuhan dari penyedia jasa yang ada di pelabuhan dengan harga yang transparan.

Direktur Utama Pelindo III, IGN Askhara Danadiputra mengatakan Home Terminal mengintegrasikan empat fitur layanan utama, yakni vessel service, port activities, logistics, dan container management. Dia menambahkan, fitur yang ada di aplikasi memungkinkan pengguna jasa memantau pergerakan kapal dan barangnya secara langsung (real-time online).

Askhara Danadiputra atau biasa dipanggil Ari Askhara menuturkan, Home Terminal juga menyediakan layanan lanjutan seperti pengurusan dokumen, port clearance (persetujuan berlayar, bea cukai, imigrasi, dan karantina) yang dilakukan secara terpadu

Menurut Ari aplikasi Home Terminal merespons kebutuhan pengguna jasa dengan inovasi teknologi. Peningkatkan efisiensi pada bisnis proses yang dicapainya menjadi disrupsi teknologi mulai masuk ke industri logistik dan maritim.

“Aplikasi ini yang pertama kali di Indonesia dan juga yang pertama digunakan di pelabuhan global. Aplikasi ini juga seperti Go-Jek, dan Bukalapak, semua servicenya ada dengan estimasi harga," jelasnya di Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Ari menerangkan, Home Terminal juga menjadi media pemasaran dan informasi ke pengguna jasa dan pasar (marketplace). Selain melibatkan sinergi internal di grup, Pelindo III juga menggaet sejumlah instansi eksternal dari pelaku usaha di pelabuhan, antara lain Main Line Operator (MLO), Organda, pengelola depo, consignee, EMKL, freight forwarder, serta perusahaan dan agen pelayaran.

sumber: bisnis 

0 komentar:

Posting Komentar