Senin, 20 Mei 2019

Bahaya Mengintai Bila Tidur Menggunakan AC Di Dalam Mobil


Saat bulan Ramadan, pengguna mobil kerap tertidur di dalam kabin dengan kondisi mesin dan AC menyala. Hal tersebut disebabkan menurunnya kondisi tubuh akibat dehidrasi sehingga tubuh membutuhkan istirahat lebih lama dari biasanya.

Namun, perlu diketahui bahwa hal tersebut sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Para ahli medis menyarankan bahwa sebaiknya para pengguna mobil tidak tidur di mobil dengan keadaan AC menyala karena bisa menyebabkan tubuh lemas hingga meninggal.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda tetap bisa tidur di dalam mobil dengan cara aman sebagai berikut.

1. Cari lokasi parkir aman

Saat hendak tidur, pastikan mobil berada di lokasi yang aman. Pilihlah lokasi parkir yang aman seperti di SPBU, mini market, masjid, atau berdekatan dengan pos penjagaan.

2. Buka jendela

Saat memutuskan untuk tidur di dalam mobil, buka jendela mobil tidak melebihi dua jari atau tidak melebihi batas talang air (bagi yang menggunakan talang air) untuk menjaga sirkulasi udara. Pastikan semua barang berharga seperti dompet, tas, atau ponsel tersimpan rapi di tempat yang tidak terlihat dari luar.

3. Matikan mesin dan AC

Saat AC dan mesin mobil menyala dalam kondisi diam dengan waktu lama, bisa menyebabkan membuat racun gas monoksida dari kebocoran asap kendaraan dan masuk ke dalam sela-sela kabin. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mematikan mesin dan AC mobil dan membuka kaca jendela.

4. Kunci pintu mobil

Meski parkir di area yang aman, pastikan Anda mengunci pintu mobil untuk keamanan diri dan meminimalisasi potensi kejahatan.

5. Atur posisi kursi

Sebelum Anda tidur di dalam mobil, atur jok mobil untuk mencari posisi duduk ternyaman. Anda bisa mendorong jok mobil sejauh mungkin ke belakang dan merebahkan sandaran punggung untuk mendapatkan posisi tidur yang tidak membuat tubuh Anda cepat pegal ketika terbangun.

6. Segarkan badan

Usai beristirahat, jangan langsung berkendara. Anda bisa keluar mobil dan merenggangkan tubuh. Bila di lokasi sekitar tersedia toilet umum, Anda bisa membasuh muka agar kembali segar dan siap mengemudi.

Bagi Anda yang menggunakan mobil pribadi sebagai moda transportasi sehari-hari, terlebih lagi saat akan mudik, pastikan sudah melengkapi kendaraan kesayangan berupa asuransi mobil. Pasalnya, ketika Anda tertidur di dalam mobil dalam waktu yang cukup lama, Anda tidak mengetahui kejadian sekitar selama tertidur yang bisa saja menyebabkan mobil Anda tersenggol atau terserempet kendaraan lain.

Oleh sebab itu, Anda dapat memilih layanan asuransi terpercaya dan memudahkan seperti ACA OTOMATE. Khusus pembelian asuransi ini Anda dapat memperoleh berbagai fasilitas sepert mobil pengganti,  Mobile Claim dan masih banyak lagi. 

sumber  beritatagar 

1 komentar:

  1. judi sabung ayam dengan presentase kemenangan tertinggi
    Untuk info lebih lanjut bisa melalui:
    whatup : 08122222995
    BBM: D8C363CA

    BalasHapus