Senin, 04 Februari 2019

Wajib Dihindari Pemilik Mobil Agar Klaim Asuransi Banjir Bisa Cair


Setiap musim hujan, bencana banjir mengintai masyarakat terutama yang tinggal di wilayah yang memiliki sistem drainase buruk. Ketika air bah melanda, ada beragam dampak negatif dan kerusakan yang dihasilkan.

Tak hanya rumah yang ternggelam atau jatuhnya korban jiwa, banjir juga bisa menghancurkan aset-aset yang dimiliki orang-orang, termasuk kendaraan bermotor.

Bagi pemilik kendaraan, mobil yang terendam banjir adalah bencana. Mereka harus mengurang uang cukup dalam untuk memperbaiki kendaraannya. Belum lagi urusan membersihkan interior mobil.

Biasanya, pemilik kendaraan yang daerahnya sering dilanda banjir sudah melakukan persiapan dengan ikut sebagai peserta asuransi kendaraan. Diharapkan saat bencana melanda, pihak asuransi akan menanggung biaya yang meski dikeluarkan.

Namun apakah semudah itu memperoleh klaim asuransi kendaraan?

" Dengan perluasan bencana alam, pengendara bisa dijamin dari kerugian karena bencana alam, termasuk hujan es, banjir, dan lainnya. Tanpa adanya perluasan manfaat, maka tidak akan dijamin,” kata Business Development Division Head PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance), Tanny Megah Lestari, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 31 Januari 2018.

Tanny menyarankan agar pemegang polis asuransi kendaraan hendaknya memperhatikan ketentuan yang dibuat pihak perusahaan penerbit asuransi. 

Salah satu tips yang diberikan Tanny adalah pemilik kendaraan bermotor disarankan tak menyalakan mesinnya di tengah banjir. Kondisi ini akan menimbulkan water hammer di mesin dan akan memperparah kerusakan.

“ Apabila berada di genangan air yang rendah, sebisa mungkin tinggalkan kendaraan, kunci kendaraan, tunggu hingga air surut dan menelpon pihak asuransi atau derek untuk mengangkut mobil untuk diperbaiki,” kata dia.

Tanny juga menyarankan untuk tidak menerobos banjir. Kalau sengaja menerobos, kendaraan akan rusak.

“ Kendaraan tersebut (menerjang banjir) masuk ke dalam pengecualian yang tidak dijamin oleh polis asuransi,” kata dia.

sumber:  dream 

0 komentar:

Posting Komentar