Kamis, 27 September 2018

Prestige: Pasar Mobil Mewah di Indonesia Masih Kecil

                                                                        Ilustrasi

Pasar mobil mewah diprediksi akan turun. Hal ini imbas dari langkah pemerintah berupaya keras dalam mengerem laju impor barang konsumsi, yang berujung pada penyesuaian PPh pasal 22.

Di luar itu, pemerintah juga mengeluarkan instrumen tambahan dengan menaikkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil mewah mencapai 10%-125% dari sebelumnya 2,5%-7,5%.

Pemerintah juga mengeluarkan instrumen tambahan dengan menaikkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil mewah mencapai 10%-125% dari sebelumnya 2,5%-7,5%.

Menanggapi hal tersebut, Rudy Salim, Direktur Prestige Image Motorcars mengaku, secara umum pasar kendaraan mewah sudah turun sejak 2014 ketika dollar Amerika Serikat (AS) sudah menguat dan aturan PPnBM pertama kepada mobil mewah dikenakan. Sejak 2014 pasar super car sudah turun 50%.

Rudy menjelaskan secara populasi pasar kendaraan supercar sejatinya sangat kecil. Bila rata-rata penjualan mobil nasional di angka 1 juta unit per tahun, pasar kendaraan ini menurutnya di bawah 1% dari penjualan nasional.

"Untuk kategori pembelinya biasa wirausaha pemilik bisnis. Untuk pejabat sedikit sekali biasanya dari pengusaha yang jadi pejabat," kata Rudy kepada Kontan.co.id, Jumat (21/9).

Catatan saja saat ini Prestige mengimpor beberapa merek supercar di antaranya Aston Martin, Ferrari, Lamborghini, Koenigsegg, Rolls Royce, Bentley dan McLaren.

Ternyata tak semua orang kaya langsung membeli langsung kendaraannya. Rudy mengaku saat ini dalam pembayaran nyatanya baru 50% lewat pembayaran tunai. Dan separuhnya menggunakan kredit.

Catatan saja, Agustus kemarin Prestige Motorcars baru saja meluncurkan salah satu mobil supercar asal Italia yaitu Lamborghini Huracan Performante Spyder.

Mobil ini dirancang khusus untuk di track maupun di jalan biasa. Pengemudi dapat merasakan performa Huracan Performante Coupe sekaligus menikmati berkendara dengan atap terbuka. Mobil ini juga menggunakan serat karbon di hampir seluruh tubuh aluminiumnya.

sumber: kontan

0 komentar:

Posting Komentar